FAKTA - FAKTA LUAR ANGKASA



1. PLANET TERPANAS DI TATA SURYA

Venus merupakan planet terpanas di tata surya yang memiliki suhu permukaan rata-rata sekitar 450° C. Menariknya adalah Venus bukanlah planet yang dekat dengan matahari, justru planet Merkurius lah yang lebih dekat dengan matahari. Tetapi karena memiliki atmosfer untuk mengatur suhu, maka suhu di Merkurius tidak sepanas di Venus.


2. KEMUNGKINAN ADA KEHIDUPAN DI MARS


Dugaan ini dikarenakan Mars merupakan salah satu planet yang ramah untuk kehidupan. Fakta ini terungkap pada tahun 1986, saat NASA menemukan kemungkinan sebuah fosil makhluk hidup mikroskopis (benda/objek, partikel yang berukuran sangat kecil) di sebuah batu yang ada di Mars.


3. TIDAK DIKETAHUI ADA BERAPA BANYAK BINTANG DI LUAR  ANGKASA


Di karenakan ukuran luar angkasa yang sangat luas membuat ilmuwan kesulitan untuk secara akurat memprediksi berapa banyak bintang yang ada di luar angkasa saat ini. Para ilmuwan dan astronom hanya memprediksi jumlah bintang yang ada di galaxy kita yaitu, galaxy Bima Sakti yakni berkisar antara 200-400 miliar bintang dan ilmuwan memperkirakan masih ada miliaran galaxy sehingga bintang-bintang di luar angkasa sulit untuk diprediksikan. 


4. KOMET HALLEY TIDAK AKAN MENGORBIT MELEWATI BUMI LAGI HINGGA TAHUN 2061
Komet terkenal ini awalnya ditemukan oleh Edmond Halley pada 1705 dan terakhir kali terlihat pada 1986, meskipun demikian komet ini hanya terlihat sekali setiap 75 tahun sampai 76 tahun, yang artinya kemungkinan kita bisa melihat komet ini lagi pada 2061.


5. SETELAN ASTRONOT BERNILAI FANTASTIS 


Setelan lengkap antariksa NASA seharga $12.000.000 atau setara dengan Rp1.6 triliun. Dari setelan tersebut 70% biayanya untuk ransel dan juga modul kontrol, tak heran jika setelan antariksa NASA memiliki harga yang fantastis.


6. BINTANG NEUTRON DAPAT BERPUTAR HINGGA 600 KALI PER DETIK
Bintang neutron merupakan bintang terpadat dan terkecil di alam semesta yang diketahui saat ini, meskipun radius mereka hanya sekitar 10 km (6 mil), tetapi mereka mungkin memiliki massa beberapa kali dari massa Matahari. Sehingga bintang ini dapat berputar hingga 600 kali per detik setelah mereka lahir dari ledakan bintang supernova.


7. SUASANA LUAR ANGKASA
Luar angkasa tidak memiliki atmosfer, itu artinya suara tidak memiliki medium atau cara untuk bergerak saat di luar angkasa, sehingga luar angkasa menjadi sangat sunyi. Biasanya Astronot akan menggunakan radio untuk tetap berkomunikasi selama mereka berada di luar angkasa, karena gelombang dari radio masih bisa dikirim dan diterima saat di luar angkasa.


8. KEMUNGKINAN ADA PLANET YANG TERBUAT DARI BERLIAN
Penelitian dari ilmuwan Universitas Yale menunjukan bahwa planet berbatu yang dinamakan 55 Cancri e yang memiliki radius dua kali dari Bumi dengan massa delapan kali lebih besar, mungkin memiliki permukaan yang terbuat dari grafit dan berlian. 


9. JEJAK KAKI YANG ADA DI BULAN  AKAN TETAP ADA DI SANA HINGGA 100 JUTA TAHUN
Bulan tidak memiliki atmosfer sehingga tidak ada angin yang mengikis permukaan dan tidak ada air untuk membersihkan jejak kaki tersebut. Artinya jejak kaki astronot Apollo, bersama dengan jejak pesawat ruang angkasa akan tetap ada di sana selama jutaan tahun.


10. SATU HARI DI VENUS SEPERTI LEBIH DARI SATU TAHUN
Venus memiliki rotasi sumbu yang lambat sehingga membutuhkan 243 hari di Bumi untuk menyelesaikan harinya. Orbit Venus yang mengelilingi Matahari sama dengan 225 hari di Bumi, membuat satu hari di Venus seperti lebih dari satu tahun di Bumi.


11. DALAM 3,75 MILIAR TAHUN, GALAKSI BIMA SAKTI DAN ANDROMEDA  AKAN BERTABRAKAN.
Galaksi Andromeda mendekati Bimasakti - tempat tata surya kita - dengan kecepatan sekitar 110 kilometer per detik (68 mil / detik) dan akhirnya keduanya akan bertabrakan untuk membentuk galaksi elips raksasa.


12. JIKA DUA JENIS METAL YANG SAMA BERSENTUHAN DI LUAR ANGKASA, AKAN BERSATU SECARA PERMANEN.
Fakta yang luar biasa ini juga dikenal sebagai cold welding dan itu terjadi karena atom dari dua keping logam tidak memiliki cara untuk memisahkan diri. Ini tidak terjadi di Bumi karena udara dan air yang ditemukan di antara potongan-potongan.


13. ADA  AIR DI LUAR ANGKASA
Para astronom telah menemukan awan uap air masif yang menampung 140 triliun kali massa air di lautan di suatu tempat sekitar 10 miliar tahun cahaya jauhnya - menjadikannya penemuan air terbesar yang pernah ditemukan.


14. ASTEROID TERKENAL DAN TERBESAR SEBESAR 965 KM (600 MI).
Ditemukan oleh astronom Italia Giuseppe Piazzi pada 1801, planet kerdil Ceres adalah objek pertama, dan terbesar, yang dianggap sebagai asteroid. Itu terletak di Sabuk Asteroid antara orbit Mars dan Jupiter, menyumbang 33% dari seluruh massa sabuk.


15. BULAN DAHULUNYA  ADALAH BAGIAN BUMI.
Teorinya adalah bahwa ketika Bumi adalah sebuah planet yang relatif muda, ia dikejutkan oleh benda raksasa dan tabrakan ini menghancurkan sepotong Bumi untuk membuat bulan. Bagian ini kemudian mulai mengorbit bumi sebagai hasil dari tarikan gravitasi.


16. MASSA MATAHARI MENGAMBIL 99,86%  DARI SISTEM TATA SURYA.
Terbuat dari tiga perempat hidrogen dan helium untuk sebagian besar massa yang tersisa, Matahari menyumbang 99,86% dari massa di tata surya kita, dengan massa sekitar 330.000 kali massa Bumi.


17. ADA GUNUNG API DI MARS, TIGA KALI LEBIH BESAR DARI GUNUNG EVEREST.
Dengan lebar 600 km dan tinggi 21 km, Olympus Mons adalah gunung berapi di Mars yang mungkin masih aktif, menurut para ilmuwan. Ini adalah puncak tertinggi dari planet mana pun
Namun, puncak pusat Rheasilvia di Asteroid Vesta lebih tinggi 22 km.


18. ANGKASA MEMILIKI BAU.
Astronot yang kembali dari spacewalks melaporkan bau dunia lain yang menempel pada pakaian antariksa mereka. Menurut astronot Thomas Jones, luar angkasa membawa bau ozon yang khas, tajam dan samar seperti bubuk mesiu, belerang.


19. ADA PLANET TEMPAT HUJAN KACA.
Exoplanet HD 189733b tampak seperti oasis biru yang damai dari jauh, tetapi di permukaan terdapat angin bertiup hingga 5.400 mph, dan hujan kaca cair.


20. ADA KUBURAN GALAKSI.
“Kuburan galaksi” atau nama resminya MACS 2129-1. Tidak ada yang tahu, namun galaksi baru yang terletak 10 miliar tahun cahaya dari Bumi ini berhenti membuat bintang beberapa miliar tahun setelah Big Bang. Sekarang galaksi ini terdiri dari bintang katai merah yang sekarat dan planet ekstrasurya hitam. Ini adalah salah satu dari enam galaksi mati yang ditemukan tahun ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR LAPISAN BUMI

LATIHAN SOAL ESSAY

AWAL MULA TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA